Friday, May 14, 2010

Dari inilah.com

Rumus investasi pebisnis handal sekelas Warren Buffett memang tak mungkin dibagikan begitu saja. Namun ada 10 saham pilihan dimana ia menanamkan uangnya. Apa saja?
Banyak pemodal AS yang berusaha mengikuti investasi ala Buffett. Beberapa telah menerapkannya, seperti Sequoia Fund yang dikelola Ruane, Cuniff & Goldfarb serta The Tweedy Browne. Namun begitu, tak semudah kelihatannya. Ketimbang repot, lebih baik Anda berinvestasi di 10 saham yang ia pilih.
Pertama adalah Coca-Cola Company yang earning per share-nya (EPS) 3,04 kali dengan price earning ratio (PER) 17,8 kali. Kapitalisasi pasar saham ini mencapai US$124,6 miliar. Bisnis korporasinya antara lain manufaktur, distribusi dan pasar minuman non-alkohol di bawah merek dagang Coca-Cola, Fanta dan Sprite.
Kemudian Wells Fargo, dengan EPS 1,66 kali dan PER 19,8 kali. Kapitalisasi pasar saham perusahaan finansial ini mencapai US$170,4 miliar. Perusahaan kartu kredit American Express juga masuk dalam pilihannya. EPS mencapai 1,53 kali dan PER 30 kali, dengan kapitalisasi pasar US$54,9 miliar.
Perusahaan consumer goods Procter & Gambler selanjutnya, EPS 4,19 kali dan PER 15,1 kali. Perusahaan yang menjual merek Olay, Duracell, Pampers dan banyak lagi ini kapitalisasi pasarnya US$184,1 miliar. Kraft Foods, produsen merek Oreo, Kraft, Nabisco, dan lainnya juga termasuk. EPS 2,04 kali, PER 14,8 kali dan kapitalisasi US$52 miliar.
Raksasa peritel AS Wal-Mart Stores sudah pasti dikoleksi Buffet. EPS-nya 3,70 kali dan PER 14,7 serta kapitalisasi pasar US$204 miliar. Peritel furnitur dan perusahaan asuransi Wesco Financial, dengan 7,60 kali dan PER 50,3 kali serta market capitalitation US$2,7 miliar.
Perusahaan energi ConocoPhillips juga berada di portofolio saham Buffet. EPS perusahaan ini 3,24 kali dan PER 17,3 kali, dengan kapitalisasi pasar US$83,3 miliar. Perusahaan produk kesehatan Johnson & Johnson dengan EPS 4,76 kali dan PER 13,5. Perusahaan yang juga kuat di research and development ini kapitalisasi pasarnya US$177,3 miliar.
Demikian pula US Bancorp, sebuah perusahaan finansial yang cukup besar di negaranya. EPS-nya mencapai 1,06 kali dan PER 25,8 kali. Sedangkan kapitalisasi pasarnya US$52,3 miliar.
Buffett adalah salah satu investor terkemuka sepanjang masa. Ia mempelajarinya dari seorang mentor bernama Benjamin Graham, analis legendaris di The Intelligent Investor. Graham mengelola sendiri perusahaannya, dengan konsep pembelian saham yang lebih murah ketimbang nilai intrinsiknya.
Berkat pelajaran berharga itu Buffet kini memiliki perusahaan investasinya sendiri, Berkshire Hathaway Inc. Dalam surat Direktur Berkshire yang ia buat pada 2009, perusahaan itu memiliki nilai buku yang rata-rata pertumbuhan 20,03% per tahun sejak didirikan pada 1965.
Untuk gaya investasinya yang sukses itu, teori pasar efisien yang biasa tak berlaku baginya. Buffett lebih dikenal untuk equity investment, di mana tak banyak yang melakukannya. Banyak buku telah terbit yang berusaha menganalisa pergerakan Buffet di bursa saham.
Namun rahasia itu tak terbongkar dan kemungkinan besar akan dibawanya hingga ke liang lahat. Buffett memang berani. Seperti baru-baru ini ketika masyarakat Amerika mengecam Goldman Sachs Group Inc. yang dituduh menipu nasabahnya, Buffett santai-santai saja. Padahal ia memiliki US$5 miliar di perusahaan itu. [ast/mdr]

No comments:

Exclusion Clause

The author is not responsible for such false statements to the analysis of the individual and not to encourage anyone to trade shares. All content is free and only need to join this blog to promote it. for any information in, will provide the best and so will not harm anyone.